3.1 |
Adanya Layanan Pengaduan bagi Masyarakat |
1. Prosedur baku penerimaan, penanganan dan tindaklanjut pengaduan |
2. Saluran penerimaan pengaduan (digital dan konvensional) |
3. Publikasi prosedur baku dan saluran pengaduan |
4. Media informasi terkait prosedur dan saluran pengaduan |
|
|
|
3.2 |
Adanya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Layanan Pemerintah Desa |
1. Survey kepuasan berdasarkan pelayanan yang diberikan pemerintah desa kepada masyarakat |
2. Pelaksanaan Survey berdasarkan pada Pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dikeluarkan oleh KemenPAN RB (PermenPAN RB No. 14 tahun 2017/yang berlaku). |
|
|
|
3.3 |
Adanya Keterbukaan dan Akses Masyarakat terhadap Informasi layanan pemerintah desa, Pembangunan, Kependudukan, Keuangan, dan Pelayanan lainnya. |
1. Informasi SPM sesuai dengan Permendagri No. 2 tahun 2017 |
2. Media Informasi (Poster, Banner, Media Sosial dan Website) |
|
|
|
3.4 |
Adanya Media Informasi tentang APBDes di Balai Desa dan/atau tempat lain yang mudah diakses oleh Masyarakat |
1. Baliho/Poster APBDES yang mencakup: |
a. Sumber Pendapatan (DD, ADD, PBH, PAD, Hibah, Prov, Kab, dll) |
b. Penetapan prioritas penggunaan Dana Desa sesuai Permendes PDTT No. 8 Tahun 2022 |
c. Alokasi belanja tiap bidang kewenangan |
d. Kontak aduan (konvensional dan digital) |
2. Lokasi pemasangan: |
a. Kantor Desa (baliho) |
b. Dusun (poster atau baliho) |
c. Website |
d. Media sosial |
e. lainnya |
|
|
|
3.5 |
Adanya Maklumat Pelayanan |
1. Maklumat sesuai PermenPAN RB yang minimal memuat Komitmen dari Aparat Desa, Konsekuensi hukum dan Ditandatangani oleh Kepala Desa |
2. Maklumat Pelayanan Dicetak dengan minimal ukuran poster dipasang di : |
a. Di tempat pelayanan kantor desa dan dusun |
b. Di upload di Website dan media sosial |